Home » , , » Perbedaan antara Pempek Bangka & Palembang

Perbedaan antara Pempek Bangka & Palembang



detail berita

SECARA kasat mata, pempek khas Bangka dan Palembang hampir mirip. Namun, tetap ada perbedaan di antara keduanya.

Menurut Pemilik Resto Kampoeng Bangka M. Fitno, perbedaan pempek Bangka dan pempek Palembang terletak pada rasa kuahnya. Pempek Bangka memiliki cita rasa asam dan pedas lebih kuat sedangkan kuah pempek Palembang cenderung lebih manis.

Kuah pempek Bangka diberi tauco, terasi, dan pemakaian cabai yang cukup banyak. Sementara, tambah Fitno, kuah pempek Palembang lebih manis lantaran penggunaan gula merah.

"Palembang lebih manis karena gula merah lebih banyak ketimbang cabainya. Warna kuahnya juga berbeda; pempek Palembang lebih cokelat sementara pempek Bangka lebih merah karena cabai dan tauco," jelasnya kepada Okezone ketika ditemui di kawasan Panglima Polim, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Selain itu, penggunaan ikan untuk kedua pempek juga cukup berbeda. Pempek Palembang menggunakan ikan sungai sedangkan pempek Bangka menggunakan ikan laut.

"Palembang, dulu, membuat pempeknya dari ikan sungai, yaitu ikan balido. Sekarang tidak banyak ikan balido di Palembang, jadi memakai ikan tenggiri. Sementara, pempek Bangka dari ikan laut," tutupnya.
(ftr)

0 comments:

Posting Komentar