Mudahnya Membuat Yogurt

detail berita

SELAMA ini, kita kerap menikmati yogurt dalam bentuk jadi yang telah dibeli di supermarket maupun gerai khusus yogurt. Namun dengan cara sederhana, Anda bisa membuatnya di rumah.

"Untuk buat yogurt gampang sekali caranya, cepat pula. Yang lama itu proses penyimpanannya, sekitar semalaman," kata Purbo Wahyono, Executive Chef Hotel Century Park, kepada Okezone di Hotel Century Park, Jakarta, baru-baru ini.

Dia menambahkan, bahan utama membuat yogurt adalah susu. Caranya, susu bubuk direbus dengan cara diaduk terus-menerus. Untuk perbandingannya, satu kaleng susu bubuk berukuran 800 gram diberi dua liter air.

Sebaiknya merebus susu tidak perlu sampai pada tahap mendidih alias suhu 100 derajat Celsius. Bila sampai mendidih, susu bubuk akan mudah mengental sehingga akan lengket dengan air.

"Cukup setengah jam saja prosesnya. Dalam perebusannya, gunakan api kecil, dan bila susu bubuk sudah menyatu dengan air, tandanya tingkat kematangan sudah pas," tambahnya.

Bila sudah matang, maka langkah selanjutnya adalah proses penyimpanan. Untuk penyimpanannya, taruh susu bubuk yang sudah dicairkan ke dalam wadah kemudian tutup wadah tersebut. Dalam penyimpanannya, pastikan tidak dalam kondisi panas agar susunya tidak "pecah"€ sehingga tidak terlihat bagus saat dikeluarkan.

"Selanjutnya cukup taruh di dalam chiller, bukan dalam freezer, biarkan semalaman. Selain akan mengubah rasa, susu yang sudah dicairkan lalu disimpan di dalam freezer akan mudah terkontaminasi aroma bahan makanan di dalam freezer," tambahnya.

Proses pembuatan yogurt belum selesai. Setelah dikeluarkan dari chiller, tambahkan yogurt "setengah jadi"€ ini pada susu bubuk yang sedang direbus, seperti pada tahap awal. Selanjutnya, proses pembuatan yogurt sama dengan tahapan di atas hingga disimpan di dalam chiller.

"Identiknya, yogurt berasa asam (berkat penambahan bakteri baik-red), tapi kita ingin menonjolkan rasa manisnya. Sebab, ada sebagian orang yang enggak bisa menerima rasa asam,"€ tutupnya.
(ftr)

0 comments:

Posting Komentar